about me
Tuesday, August 14, 2007
bazar 12 Agustus

Posting lagi… akhir2 ini ga sempat ntuk nulis, banyak kerjaan..pagi sampai jam 1 siang waktunya di luar ruimah, tenis, ngantar akmal sekolah, jemput, shoping, jam 2 an itu waktunya main ama adek maryam n uda dirumah dan malam nemenin anak2 main sama ayahnya..

Buat ayi yang paling menyenangkan kalo suami bener2 nyediain waktunya untuk main sama anak2, ga sambil ini lah itu lah, pokoknya kalo main sama anak bener2 harus konsentrasi ama anak!

Mau cerita kegiatan terbaru nih..

Minggu kemaren ayi ikutan bazaar sekaligus ikut jadi coordinator bazaar juga dari DPW-HMM, pengalaman baru juga buat ayi, dan banyak pelajaran yang bisa diambil untuk even2 berikutnya cieee jadi ketagihan nih ikutan bazaarJ

Bazarnya lumayan sukses, jualan ayi sisa , tapi Alhamdulillah udah untung hehehe, trus hasilnya dibagi2 buat biyah n chely yang udah ikut bercapek2 ngangkatin barang2 dan bantuin nyuci piring..

Hal2 yang harus digaris bawahi untuk bazaar yang akan datang:

1. Harus bawa persiapan yang lengkap, diantaranya :

Streples, kantong kresek besar dan kecil , plastik bening n kertas nasi (kalo jualan makanan), buku catatan kecil, uang kecil untuk kembalian

2. Kalo jualannya dua macam, yaitu makanan dan barang, setiap jenis harus ada yang jaga biar uang jualannya ga bercampur karena biasanya bazar2 yang diadakan di Tembagapura, kita harus bayar 10% dari pendapatan untuk penyelenggara atau pemilik stand (paguyuban atau instansi). Kadang2 pemilik stand ingin uang pendapatan dari barang 10% untuk mereka dan kalo penjualan dari makanan dilebihkan dari 10%.

3. Kalo tidak punya teman/ asisten untuk membantu menjual, lebih baik jualannya satu jenis saja, makanan saja atau barang saja. Karena biasanya tempat untuk makanan dan barang dipisah jadi kalo kita jual dua2nya kita akan kerepotan sendiri.

4. Apabila satu meja kita gabung dengan beberapa teman, dan jualan kita jenisnya makanan, maka lebih baik makanan itu ditulis berupa Paket. Misalnya Paket A: nasi padang komplit,yang handle ayi, Paket B: batagor ,yang handle mis XXX Paket C: Dawet dan Mie ayam, yang handle YYYY

jadi hal ini juga memudahkan dalam hal pengaturan keuangan, yang pesan nasi padang bayarnya langsung ke Ayi, yang pesan dawet bayar ke YYYY, dst..

Atau bisa juga dengan memakai system kupon atau voucher.

5. Kalo pengunjung yang datang membludak, harus lebih konsentrasi ama barang2 kita karena kadang adaaa aja yang nakal, memamfaatkan kelengahan kita dengan mengambil barang kita tanpa bayar! Alias mencuri!!

6. Cari uang memang CAPEK, tapi nikmati aja, do it for fun karena kalo tidak aduh rasanya kapok deh mau ikutan bazaar lagi, padan besoknya pegal2 semua. Tapi kalo kita lakukan dengan senang yang ada selain capek adalah rasa puas bahwa kita bisa berbuat sesuatu yang MENGHASILKAN

0 Comments:

Post a Comment

<< Home