about me
Monday, July 30, 2007
CATATAN MUSLIMAH

Memahami Silaturrahmi dalam pengertian yang luas

Dalam pandangan wanita muslimah, bentuk silaturrahmi itu sangat beraneka ragam, sangat luas ruang lingkupnya serta sangat beragam pula pola dan caranya. Dalam suatu waktu bisa berbentuk pemberian materi kepada kerabat yang miskin, atau menghindarkan permasalahan, atau menghibur dan menghilangkan kesedihan, dan terkadang berbentuk kunjungan kepada kerabat/ teman yang disertai kasih sayang yang dapat mempererat tali persabatan dan kekerabatan.

Pada saat yang lain dapat pula berbentuk ungkapan kata-kata yang baik, senyuman yang menyejukkan dan sambutan yang menyenangkan, dan terkadang berbentuk nasihat dan kelembutan. Dan, cara-cara lain yang termasuk perbuatan baik dan kasih sayang yang dapat menghidupkan rasa persaudaraan,menyuburkan rasa cinta dan tolong-menolong antar kaum kerabat.

Rasululloh SAW,memerintahkan kita untuk menyambung tali kekerabatan meski dalam bentuk yang sangat sederhana, seperti sabda beliau :

Basahilah kerabat-kerabat kalian meski hanya dengan ucapan salam”

Labels: ,

1 Comments:

At August 7, 2007 at 5:49 PM, Blogger Keluarga Zulkarnain said...

Assalamualaikum Mbak Ayi :-)

Subhanallah yaa..memang silahturahmi itu sangat indah. Pasti dunia akan damai bila kita saling memperkuat tali silaturahmi.

Salam kenal dari Surabaya

Bunda Shafiya

www.galeri-bunda.com

 

Post a Comment

<< Home